30 Januari 2013

Debat Kandidat Di Bone Berlangsung Lancar

JELAJAH POS WATAMPONE,12 Januari 2013
Sumber : http://jelajahpos.blogspot.com/2013/01/debat-kandidat-di-bone-berlangsung_12.html

JELAJAH POS .WATAMPONE - Debat antar kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bone dalam hari 8 kampanye di sejumlah daerah, Sabtu (12/1/2013) ditandai dengan cecaran sejumlah pertanyaan dari panelis kepada mereka. Debat antar kandidat itu sendiri berlangsung alot dan lancar.

Enam panelis melemparkan sejumlah pertanyaan kepada enam pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bone, dalam debat kandidat yang berlangsung di Gedung Surya Indah (Eks Lestari), Jalan Hos Cokrominoto, Kabupaten Bone.

Enam panelis tersebut, yaitu Prof.DR.Hamzah Upu,M.Ed menanyakan seputar pendidikan dan kesehatan, Prof.DR.Ir.Jasmal A. Syamsu (Pertanian dan Ekonomi), dan Prof.DR.Amiruddin Ilmar, SH.MH (Supremasi hukum dan pemerintahan).

Canny Watae yang bertindak sebagai moderator memberikan tiga sesi dalam acara tersebut. Sesi pertama menyampaikan visi-misi, kedua, panelis mengajukan pertanyaan kepada setiap kandidat, dan ketiga setiap kandidat mengajukan pertanyaan kepada kandidat lainnya. Pasangan calon Bupati Bone, Andi Irsan Idris Galigo-Andi Yuslim Patawari (ACCmi) dalam menyampaikan visi-misinya mengatakan, dia tidak punya janji muluk-muluk untuk rakyat. Jika terpilih, mereka akan bekerja sesuai kemampuan daerah dan tidak mau mengumbar janji.

Sementara pasangan Andi Fahsar M Padjalang-Ambo Dalle (Tafa'dal) mengatakan, salah satu misi utama mereka adalah bila terpilih, akan meningkatkan, program kesehatan gratis, pendidikan gratis yang lebih berkualitas, menyediakan 5 ribu lapangan pekerjaan, dan bantuan Rp 500 juta per Desa, sebagai langkah untuk membangun Desa serta sistem pemerintahan yang bersih.

Dalam sesi kedua, tiga panelis memberi pertanyaan untuk dijawab dengan waktu tiga menit kepada satu pasangan cabup/cawabup nomor urut satu, yaitu Andi Mustaman-Andi Sultan Pawi dalam jawabannya menyatakan, jika terpilih akan membangun dan mengembangkan ekonomi di pedesaan melalui pemekaran disetiap kecamatan dengan memberikan bantuan Rp 500 juta untuk setiap Desa .

Setelah itu, panelis kembali melemparkan pertanyaan ke pasangan cabup/cawabup selanjutnya yakni pasangan Andi Taufan Tiro-Andi Promal Pawi,(ATT Prorakyat) Andi Mappamadeng Dewang-Andi Said Pabokori (Ampera Siap), Andi Mangunsidi Massarappi-H.Sumardi (Tomassedi). Pada umumnya keenama pasangan calon memiliki pandangan yang sama dibidang pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur, ekonomi, dan penegakan supremasi hukum sebagai program unggulannya.

Kegiatan yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bone tersebut disaksikan lebih kurang 500 orang, termasuk Muspida Plus. Debat yang dikawal polisi ini berjalan tertib. Ketua KPUD Bone, Aksi Hamzah, menjelaskan, debat kali ini merupakan salah satu media bagi masyarakat untuk lebih mengenal dan menilai para calon, sehingga dapat menentukan pilihannya secara cerdas dan sesuai hati nurani pada saat pencoblosan 22 Januari 2013 nanti.bp

Langganan Via Email

Masukkan Email Anda ke Kotak dibawah ini, untuk berlangganan tulisan:

Dikirim Oleh FeedBurner

Curriculum Vitae


Tentang Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu,M.Si ? Silahkan Klik disini

Mari Bergabung

Jasmal A Syamsu

Jasmal A Syamsu ©Template Blogger Green by Dicas Blogger. Desain Tataletak: Sang Blogger

TOPO